"Tak Seorang pun Dapat Memprediksi Seberapa Besar Sukses yang Akan Kita Capai, bahkan Kita Sendiri pun Tak Akan Pernah Tahu, Jika Kita Tak Pernah Memulai..."

26 Mei 2008

Tips Menghemat Bensin Motor untuk Para Bikers

Bukan main memang dampak kenaikan harga BBM, harga barang-barang lain otomatis jadi ikutan mahal. Yang naiknya dikit (Rp 500) cuma minyak tanah, itupun masyarakat harus antri panjang untuk ngisi jerigen, pfuhh...

Tapi otak kita nggak boleh pusing, harus cari jalan keluar untuk bisa terus survive. Selain secara spiritual (lihat artikel sebelum ini, "Sebab-Sebab Turunnya Rizki"), Ada 2 jalan keluar lain secara duniawi, yang pertama meningkatkan pendapatan kita, cara lainnya dengan berhemat. Mungkin cara yang pertama sulit bagi kebanyakan orang. Cara yang kedua mungkin lebih mudah dilakukan asalkan disertai dengan niat dan kedisiplinan.

Nah, berhubung sehari-hari saya berhubungan dengan si roda dua alias motor, saya ingin berbagi tips menghemat bensin berdasarkan pengalaman saya menjadi bikers selama 4 1/2 tahun ini. Coba praktekkan tips berikut ini.

1. Panaskan motor cukup 1 menit, jangan lama-lama. Jangan kuatir nggak panas, motor-motor sekarang udah didesain lebih canggih, manasin 1 menit udah tokcer koq. Malah kalo lama-lama knalpot jadi merah dan jadi cepet kropos karena kepanasan. Sistem pendingin pada mesin motor akan bekerja saat motor dijalankan. saat motor diam, pendingin tidak bekerja.

2. Jangan ngebut-ngebut. Semakin tinggi kecepatan maka bensin yang tersedot juga semakin banyak, akibatnya bensin jadi boros. Cobalah jalankan dengan kecepatan sedang, selain hati akan lebih tenang, kantong juga lebih aman, hehe....

3. Jangan menggeber-geber gas. Mainkan gas dengan tarikan halus dan stabil.

4. Jangan sering ngerem. Ini juga berkaitan dengan kestabilan gas. Gimana biar gak banyak ngerem? Pertama, asah terus keterampilan menghindari lubang dan benda-benda lain yang menghalangi jalan, ini butuh pengalaman dan fokus. Kedua, hindari jalan macet.

Itu aja yang dapat saya sampaikan, moga-moga bermanfaat. Kalau rekan2 lebih tahu tentang motor, tolong koreksi atau tambahin tips-nya ya. Thanks...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Di Tengah-Tengah 'Samudera Kesulitan' Selalu Ada Sebuah Pulau Yang Bernama 'Peluang Emas'..."